PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM KAB SIJUNJUNG 2017
PANDUAN
PENYUSUNAN KURIKULUM SD
(KURIKULUM
2006 DAN 2013)
- Pengetikan :
a. Dokumen I KTSP diketik pada kertas A4
b. Jenis Font : Times
new roman 12 (kecuali
tabel, menyesuaikan)
c. Spasi : 1,5 (kecuali tabel,
menyesuaikan)
d. Margin Atas : 4 Cm, Bawah : 3 Cm, Kiri
: 4 Cm, dan Kanan : 3 Cm
- Bobot penilaian dan Bentuk Dokumen yang diserahkan :
DOKUMEN
|
KURIKULUM
|
BENTUK
DOKUMEN
|
2006/2013
|
||
I
|
50%
|
Cetak
/di Print
|
II
|
20%
|
Cetak
/di Print
|
III
|
30%
|
Cetak
/di Print
|
a.
Sekolah
yang pada TP. 2017/2018 menerapkan Kurikulum 2013 pada kelas I dan IV,
II dan V, hanya menyusun
1 dokumen Kurikulum yaitu KTSP 2013,
tetapi tetap mengintegrasikan kurikulum 2006 (untuk kelas III dan VI ) ke dalam dokumen KTSP tersebut.
b.
Mohon
bahan-bahan yang harus dilampirkan pada Dokumen I, disusun rapi sesuai urutan
yang telah ditentukan pada sistematika penyusunan.
c. Dokumen
KTSP yang disusun sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, akan membantu
Tim Validator dalam menentukan penilaian yang objektif, valid dan reliable
SISTEMATIKA DOKUMEN 1 KTSP SD
COVER
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB
I PENDAHULUAN
A. Rasional
1.
Hasil
Evaluasi KTSP Tahun Sebelumnya
2.
Tuntutan
Perobahan Kurikulum
3.
Hasil
Evaluasi Diri Sekolah
4.
Potensi
yang Dimiliki dan Karakteristik Sekolah
B. Dasar Hukum
C. Tujuan Penyusunan KTSP
BAB II TUJUAN
SATUAN PENDIDIKAN
A.
Menggambarkan
Proses lahirnya Visi, Misi dan Tujuan
B.
Visi
Satuan Pendidikan
C.
Misi
Satuan Pendidikan
D.
Tujuan
Satuan Pendidikan
E. Strategi Pelaksanaan
Gerakan Literasi Sekolah
1. Lingkungan fisik sekolah
2. Lingkungan sosial dan afektif
3. Lingkungan akademik
F. Strategi Pelaksanaan Penguatan
Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah
1. PPK dalam pembelajaran
2. PPK melalui ekstrakurikuler dan
Program PHBI/PHBN
3. PPK berbasis kemitraan dan
partisipasi Orang tua/masyarakt
4. PPK berbasis Pembiasaan/rutinitas
BAB
III STRUKTUR DAN MUATAN
KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
A. Muatan Kurikulum Tingkat Nasional
1.
Daftar
Mata Pelajaran
2.
Pengaturan
Alokasi Waktu per Mata Pelajaran
B. Muatan Kurikulum Tingkat Daerah/Muatan
Lokal
1.
Dasar
hukum Pelaksanaan Mulok
2.
Strategi
pelaksanaan muatan lokal yg diintegrikan ke mata pelajaran yg relevan atau
Strategi pelaksanaan Mulok yang berdiri sendiri
C. Muatan Kekhasan Satuan Pendidikan
1.
Penerapan
pendidikan kecakapan hidup
2. Penyelenggaraan pendidikan berbasis
keunggulan lokal dan global
D. Pengembangan Diri
Jenis dan strategi pelaksanaan
program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik
E. Pengaturan Beban Belajar
1. Sistem pembelajaran yang digunakan
2. Pengaturan alokasi waktu pembelajaran
3. Pengaturan beban belajar TM, PT dan
KMTT
F. Ketuntasan Belajar
1. Mekanisme, prosedur dan
analisis penetapan KKM/KBM
2. Daftar KKM/KBM semua mata pelajaran per Semester
3. Upaya sekolah untuk mencapai KKM/KBM ideal
G. Rancangan penilaian
1. Pelaksanaan penilaian akademik (Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan) :
2. Non
Akademik,Penilaian akhlak
mulia dan kepribadian, Pramuka
dan ekstra kurikuler lainnya
H. Kenaikan Kelas
1. Kriteria kenaikan kelas
2. Mekanisme dan prosedur pelaporan hasil
belajar peserta didik
3. Pelaksanaan program remedial dan pengayaan
I. Kelulusan
1. Kriteria kelulusan dari satuan
pendidikan
2. Pelaksanaan ujian sekolah
3. Pelaksanaan ujian nasional
4. Rekap hasil ujian nasional 3 tahun
terakhir dan perbandingan dengan ujian sekolah
5. Target dan program peningkatan
kualitas lulusan yang akan dicapai
BAB IV KALENDER
PENDIDIKAN
A. Penetapan Awal Tahun Pelajaran
B. Pengaturan Waktu Belajar Efektif
C. Pengaturan Waktu Libur
D. Penjabaran Matrik Kalender
Pendidikan Sekolah
LAMPIRAN
1. SK TIM Pengembang Kurikulum (TPK)
Sekolah yang dilengkapi dengan uraian tugas dan rencana kerja (action plan)
2. Rekomendasi/Saran perbaikan KTSP tahun
lalu dari TPK Provinsi
3. Contoh Analisis
keterkaitan SKL, KI dan KD dan atau Analisis SK/KD 1 mapel/tingkat
4. Contoh Analisis penetapan KKM 1mapel/tingkat dengan mapel yang berbeda
5. SK-KD Mulok* (K 2006). Pengembangan
Indikator KD utk Mulok yang terintegrasi
6. Peraturan Akademik Sekolah
7. Program Masa orientasi peserta didik
baru
8. Regulasi non Akademik
DOKUMEN II
Memiliki
Silabus yang disesuaikan dengan RPP dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 Silabus 1
KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3 satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
2. Kurikulum 2013: Silabus satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK
/Kelas, pada Semester Ganjil
DOKUMEN III
Memiliki
RPP yang disesuaikan dengan Silabus dengan ketentuan sebagai berikut
1. Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 RPP 1 KD,
semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3 satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
2. Kurikulum 2013: RPP satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK
/Kelas, pada Semester Ganjil
PENJELASAN SISTEMATIKA
DOKUMEN I
KTSP SD
KABUPATEN
SIJUNJUNG
SISTEMATIKA
|
PENJELASAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
COVER
|
Memuat :
3. Lambang
Kabupaten Sijunjung
4. Judul
KTSP
Contoh
: KURIKULUM SD
…………
5. Tahun
Pelajaran 2017/2018
6. Nama
Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung
7.
Alamat sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
HALAMAN PENGESAHAN
|
Memuat :
1. Rumusan
kalimat pengesahan
Contoh
:
Setelah memperhatikan pertimbangan,
saran dan masukan dari Komite Sekolah dan Majelis Guru,
maka dengan ini Kurikulum SD
Negeri 1 Sijunjung
disahkan untuk diberlakukan pada tahun pelajaran 2017/2018 dan akan
dilakukan penyempurnaan pada tahun berikutnya.
2. Menetapkan
Kepala sekolah,Tanda tangan kepala sekolah disertai stempel sekolah
3. Mengetahui
Ketua Komite sekolah, Tanda tangan komite sekolah disertai stempel komite
4.
Mengesahkan dan
Tempat untuk tanda tangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KATA PENGANTAR
|
Memuat :
1. Ungkapan
rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala Rahmat-Nya dalam penyusunan dokumen
KTSP
2. Rasional/dasar
hukum perlunya dokumen KTSP sekaligus sebagai acuan penyusunan dokumen KTSP
3. Ucapan terima kasih kepada para
pihak yang telah membantu tersusunnya dokumen KTSP
4. Harapan
penyempurnaan dokumen KTSP untuk masa yang akan dating
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DAFTAR ISI
|
1. Memiliki
daftar isi sesuai dengan kerangka dokumen KTSP yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung tahun
2017
2.
Memiliki
sistematika dan aturan penulisan yang sesuai
dengan kerangka dokumen KTSP yang
dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjungtahun 2017 (Judul Bab, Sub Bab dan penomoran)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BAB I PENDAHULUAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
|
Rasional
|
Menguraikan
tentang :
1. Hasil
evaluasi KTSP tahun sebelumnya, berupa saran perbaikan dari validator tahun
yang lalu serta tindak lanjutnya dan evaluasi pelaksanaan KTSP selama 1 tahun
yang lalu.
2. Dinamika
perubahan internal dan eksternal yang menuntut sekolah untuk melakukan perubahan
dan penyempurnaan KTSP agar pembelajaran relevan
dengan kebutuhan peserta didik dimasa yang akan datang.
3. Evaluasi
diri sekolah sebagai hasil dari membandingkan kondisi nyata sekolah (potret
sekolah saat ini) dengan kondisi ideal yang diharapkan berdasarkan SNP (SKL,
ISI, Proses, Penilaian dan Pengelolaan)
4. Potensi akademik dan non akademik yang
dimiliki sekolah serta karakteristik yang menjadi kekhasan sekolah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Dasar Hukum
|
Berisi
landasan hukum yang terkait dengan pengembangan dan penyusunan KTSP , mulai
dari UU Sisdiknas, Peraturan Pemerintah, Peraturan menteri Pendidikan dan
aturan/ketentuan Pemerintah daerah/badan/lembaga lain yang relevan.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Tujuan Penyusunan KTSP
|
Berisi
uraian tentang pentingnya dokumen KTSP bagi sekolah
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BAB II TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
|
Gambaran Proses
lahirnya Visi, Misi dan Tujuan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Visi Satuan Pendidikan
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Misi Satuan Pendidikan
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Tujuan Satuan Pendidikan
|
Menjabarkan pencapaian misi dalam
bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala
prioritas, mencakup:
1. Menggambarkan
tingkat kualitas yang ingin dicapai dalam jangka menengah (1 tahunan)
2. Mengacu
pada visi, misi dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan
masyarakat
3. Menjabarkan pencapaian misi dalam bentuk
pernyataan yang terukur (diawali dengan kata seperti : tercapainya, terwujudnya,
terlaksananya dll.) dan dapat
dicapai sesuai skala prioritas
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Strategi Pelaksanaan
Gerakan Literasi di Sekolah
|
Uraian tentang gerakan literasi sekolah dengan
mempedomani buku panduan gerakan literasi sekolah yang meliputi :
1.
Lingkungan
fisik sekolah (ketersediaan fasilitas, sarana pra sarana literasi)
2.
Lingkungan
sosial dan afektif (dukungan
partisipasi aktif semua warga sekolah) dalam melaksanakan kegiatan literasi
di sekolah
3.
Lingkungan
akademik (adanya program literasi yang nyata dan bisa dilaksanakan oleh
seluruh warga sekolah)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E.
|
Strategi Pelaksanaan Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK) di Sekolah
|
Menggambarkan kristalisasi
nilai Utama Religius, Nasionalisme, Integritas, Gotong Royong, dan Mandiri
melalui :
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BAB III STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
|
Muatan Kurikulum Nasional
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Muatan Kurikulum Daerah/Muatan Lokal
|
Menguraikan :
1. Dasar Hukum Pelaksanaan Muatan lokal,Baik yang
diintegrasikan maupun yang berdiri sendiri
2. Daftar
nama Mata Pelajaran dan
jenis mulok yang diintegrasikan maupun yang berdiri sendiri.
Sebagai contoh : Silat
Kumango diintegrasikan pada mata pelajaran Olahraga
3. Strategi
pelaksanaan integrasi Mulok pada KI-KD mata pelajaran yang relevan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Muatan Kekhasan Satuan Pendidikan
|
Merupakan program kecakapan hidup (PKH), program
keunggulan lokal dan global yang
dimiliki sekolah,
yang menguraikan :
1. Penerapan
pendidikan kecakapan hidup
2. Penyelenggaraan
pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Pengembangan Diri
|
Merupakan Ekstra Kurikuler, menguraikan :
Jenis dan strategi pelaksanaan program ekstra kurikuler
1. Uraian tentang jenis dan
strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta
didik
2. Jenis Program ekstra kurikuler
3. Strategi pelaksanaan kegiatan
4. Strategi penilaian dan
pelaporan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E.
|
Pengaturan Beban Belajar
|
Menguraikan :
1. Sistem
yang digunakan (sistem paket atau SKS)
2. Pengaturan
alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka 35 menit/Jam,
Jumlah
Jam Kls. I 26 + 4 , Kls. II 27+4, Kls.III. 28+4, Kls. IV,V dan VI, 32+4. (K.2006)
. Jumlah
jam pembelajaran/minggu Kelas I 30, Kelas
II 32, Kls III 34, Kls IV, V, VI 36
jam/mg (K.2013) , jumlah minggu
efektif 34-38 mg/tahun
pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun dan pengaturan sistem beban belajar
yang digunakan. jumlah jam pelajaran lengkap 6 semester Alokasi
rinci beban belajar jam TM/hari
3. Uraian tentang pengaturan beban
belajar tatap muka (TM) penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri (KM), dengan alokasi waktu PT dan KM maks 40%
dari waktu TM
Beban Belajar tambahan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F.
|
Ketuntasan Belajar
|
Menguraikan :
1. Uraian tentang mekanisme dan
prosedur penentuan KBM meliputi a). nilai KKM/KBM ditentukan berdasarkan
analisis 3 komponen, dan b). ditetapkan dalam Rapat dewan guru
2. Daftar kriteria
ketuntasan minimal (KKM) : Lengkap
untuk semua mapel dan setiap tingkat
3. Mekanisme,
prosedur dan analisis penetapan KKM
4. Uraian program sekolah dalam
meningkatkan KKM untuk mencapai KKM ideal
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G.
|
Rancangan Penilaian
|
Menguraikan
strategi pelaksanaan penilaian yang mengacu kepada Permendikbud No 23 tahun 2016 dan/atau Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007
Tentang Standar Penilaian serta Petunjuk Pelaksanaan penilaian pada SD
1. Akademik yang
mencakup :
a. Jenis Penilaian
b. Teknik penilaian
c. Penjadwalan penilaian
d. Mekanisme dan prosedur
penilaian
e. Bentuk hasil penilaian
2. Non
Akademik,Penilaian akhlak
mulia dan kepribadian :
a.
Jenis penilaian
b.
Teknik penilaian
c.
penjadwalan penilaian
d.
Mekanisme dan prosedur penilaian
e.
Bentuk hasil penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H.
|
Kenaikan Kelas
|
Menguraikan :
1. Kriteria
kenaikan kelas sesuai kebutuhan
sekolah dengan mempertimbangkan ketentuan yang berlaku diantaranya SK Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008
2. Uraian tentang mekanisme dan
prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik (UH, UTS, Ulangan Semester dan
Ulangan kenaikan kelas)
3. Uraian tentang :
a). bentuk
pelaksanaan program remedial dan
b). bentuk pelaksanaan
program pengayaan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I.
|
Kelulusan Ujian
Sekolah
|
Menguraikan tentang Kriteria Kelulusan peserta
didik dari satuan pendidikan dengan mengacu kepada aturan yang berlaku, uraian mencakup
:
1. Kriteria
kelulusan dari satuan pendidikan sesuai aturan yang berlaku.
2. Uraian tentang pelaksanaan Ujian
Sekolah
3. Rekap
hasil Ujian Sekolah
3 tahun terakhir dan perbandingan dengan Ujian Akhir Sekolah
4. Target
dan program peningkatan kualitas kelulusan yang akan dicapai pada tahun
pelajaran yang berjalan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
BAB IV KALENDER
PENDIDIKAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
|
Permulaan Awal Tahun Pelajaran
|
Menetapkan awal tahun pelajaran dimulai dan kegiatan
sekolah di awal tahun pelajaran baru
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
|
Pengaturan Waktu Belajar Efektif
|
Menetapkan jumlah minggu, hari, jam efektif untuk Pembelajaran per bulan/semester
untuk semua tingkat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
|
Pengaturan Waktu Libur
|
Menetapkan hari libur jeda tengah semester, libur antar
semester, libur akhir tahun pelajaran, libur nasional, libur keagamaan dan
dan hari-hari libur khusus
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D.
|
Penjabaran Matrik Kalender Pendidikan Sekolah
|
Melampirkan kalender pendidikan sekolah dengan mengacu
pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, yang
menggambarkan secara lengkap aktivitas sekolah untuk 1 tahun pelajaran.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
LAMPIRAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.
SK TPK Sekolah
|
Memuat uraian tugas dan rencana kerja (action plan) yang menggambarkan proses
pengembangan dan penyusunan dokumen KTSP di sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
Hasil Rekomendasi KTSP tahun lalu
|
Melampirkan instrumen validasi tahun sebelumnya beserta lembar disposisi
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.
Contoh analisis
keterkaitan SKL dan KI-KD dan/atau analisis SK/KD,sesuaikan dengan silabus
|
1 per mata pelajaran/ tiap tingkat, format sesuai
ketentuan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.
Contoh analisis penetapan
KKM
|
1 per mata pelajaran/tingkat dengan mapel yang berbeda. Format sesuai ketentuan yang bisa
menggambarkan pengolahan komponen intake, kompleksitas dan daya dukung
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5.
SK-KD
Mulok* (K 2006).
Pengembangan Indikator KD utk Mulok yang terintegrasi
|
Cukup jelas
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6.
Peraturan Akademik Sekolah
|
Cukup jelas
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7.
Program Masa Orientasi Peserta Didik
Baru
|
Cukup jelas
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8.
Regulasi Non Akademik
|
a. PPDB
b. Mutasi
siswa
c. Tata
tertib sekolah
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||
DOKUMEN II
Memiliki
Silabus yang disesuaikan dengan RPP dengan ketentuan sebagai berikut:
- Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 Silabus 1 KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3 satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
- Kurikulum 2013: Silabus satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK /Kelas, pada Semester Ganjil
Dengan Rincian:
Memiliki Identitas
mata pelajaran/TEMA
1.
Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
2.
Memiliki KI/KD, atau SK/KD
3.
Mengembangkan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.
Memiliki materi Pokok dan Rincian Materi pokok sesuai IPK
5.
Menggambarkan tahapan dari strategi/pendekatan yang dipilih
6.
Menggambarkan bentuk/teknik penilaian sesuai tuntutan IPK KD
7.
Memiliki Alokasi Waktu
8.
menuliskan sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik,
alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan
DOKUMEN III
Memiliki RPP
yang disesuaikan dengan Silabus dengan ketentuan sebagai berikut
- Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 RPP 1 KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3 satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
- Kurikulum 2013: RPP satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK /Kelas, pada Semester Ganjil
Dengan Komponen
1.
Identitas RPP (Nama Sekolah, Mata Pelajaran dan atau TEMA/Sub Tema/PB,
Kelas/Semester, Alokasi Waktu/Jumlah pertemuan)
2.
Memuat KI dan KD dan atau SK/KD
3.
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata
kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan
4.
Indikator Pencapaian Kompetensi (Merupakan perilaku yang
terukur/diobservasi, memiliki KKO dan materi)
5.
Materi :
a. Dikembangkan berdasarkan
materi pokok,
b. Ditulis dalam bentuk poin-poin
sesuai IPK
6.
Pendekatan/Metode : Menggunakan pendekatan saintifik yang sesuai dengan KD,
karakteristik peserta didik
7.
Media, Alat, Sumber : a. Media/Alat pembelajaran b. Sumber pembelajaran (ditulis seperti
halnya daftar pustaka)
8.
Langkah-langkah pembelajaran :
a.
Memuat Nilai Karakter, Literasi, Keterampilan Abad 21 dan Hots
b.
Pendahuluan :
1). Menyiapkan peserta didik
2). Apersepsi
3). Motivasi
4). Menyampaikan tujuan pembelajaran
dan penilaian,
c.
Kegiatan Inti sesuai sintaks
model/strategi/pendekatan pembelajaran yang digunakan
d.
Penutup Memuat:
1). Kesimpulan
2).refleksi,
3). Tindak lanjut
9.
Penilaian :
a. Bentuk penilaian,
b. Instrumen,
c. Pedoman penskoran
10.
Program Remedial dan pengayaan
ada contoh dokumen satu nya gk, kalo ada boleh di bagi gk,, buat referensi,
BalasHapus