PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM KAB SIJUNJUNG 2017



PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM  SD
(KURIKULUM 2006 DAN 2013)

  1. Pengetikan :
a.    Dokumen I KTSP diketik pada kertas A4
b.    Jenis Font : Times new roman 12 (kecuali tabel, menyesuaikan)
c.    Spasi : 1,5 (kecuali tabel, menyesuaikan)
d.    Margin Atas : 4 Cm, Bawah : 3 Cm, Kiri : 4 Cm, dan Kanan : 3 Cm

  1. Bobot penilaian dan Bentuk Dokumen yang diserahkan  :
DOKUMEN
KURIKULUM
BENTUK DOKUMEN
2006/2013
I
50%
Cetak /di Print
II
20%
Cetak /di Print
III
30%
Cetak /di Print

a.    Sekolah yang pada TP. 2017/2018 menerapkan Kurikulum 2013 pada kelas I dan IV, II dan V, hanya menyusun 1 dokumen Kurikulum yaitu KTSP 2013, tetapi tetap mengintegrasikan kurikulum 2006 (untuk kelas III dan VI ) ke dalam dokumen KTSP  tersebut.
b.    Mohon bahan-bahan yang harus dilampirkan pada Dokumen I, disusun rapi sesuai urutan yang telah ditentukan pada sistematika penyusunan.
c.    Dokumen KTSP yang disusun sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, akan membantu Tim Validator dalam menentukan penilaian yang objektif, valid dan reliable

 

SISTEMATIKA DOKUMEN 1 KTSP SD

COVER
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I              PENDAHULUAN
A.  Rasional
1.    Hasil Evaluasi KTSP Tahun Sebelumnya
2.    Tuntutan Perobahan Kurikulum
3.    Hasil Evaluasi Diri Sekolah
4.    Potensi yang Dimiliki dan Karakteristik Sekolah
B.  Dasar Hukum
C. Tujuan Penyusunan KTSP

BAB II             TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
A.    Menggambarkan Proses lahirnya Visi, Misi dan Tujuan
B.    Visi Satuan Pendidikan
C.   Misi Satuan Pendidikan
D.   Tujuan Satuan Pendidikan
E.    Strategi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah
1. Lingkungan fisik sekolah
2. Lingkungan sosial dan  afektif
3. Lingkungan akademik
F.  Strategi Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah
1. PPK dalam pembelajaran
2. PPK melalui ekstrakurikuler dan Program PHBI/PHBN
3. PPK berbasis kemitraan dan partisipasi Orang tua/masyarakt
4. PPK berbasis Pembiasaan/rutinitas


BAB III            STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
A.  Muatan Kurikulum Tingkat Nasional
1.   Daftar Mata Pelajaran
2.   Pengaturan Alokasi Waktu per Mata Pelajaran
B.  Muatan Kurikulum Tingkat Daerah/Muatan Lokal
1.   Dasar hukum Pelaksanaan Mulok
2.   Strategi pelaksanaan  muatan lokal  yg diintegrikan ke mata pelajaran yg relevan atau Strategi pelaksanaan Mulok yang berdiri sendiri
C. Muatan Kekhasan Satuan Pendidikan
1.   Penerapan pendidikan kecakapan hidup
2.   Penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
D. Pengembangan Diri
Jenis dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik

E.  Pengaturan Beban Belajar
1.   Sistem pembelajaran yang digunakan
2.   Pengaturan alokasi waktu pembelajaran
3.   Pengaturan beban belajar TM, PT dan KMTT

F.  Ketuntasan Belajar
1.   Mekanisme, prosedur dan analisis penetapan KKM/KBM
2.   Daftar KKM/KBM semua mata pelajaran per Semester
3.   Upaya sekolah untuk mencapai KKM/KBM ideal
G. Rancangan penilaian
1.   Pelaksanaan penilaian akademik (Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan) :
2.   Non Akademik,Penilaian akhlak mulia dan kepribadian, Pramuka dan ekstra kurikuler lainnya

H. Kenaikan Kelas
1.   Kriteria kenaikan kelas
2.   Mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik
3.   Pelaksanaan program remedial dan pengayaan
I.    Kelulusan
1.   Kriteria kelulusan dari satuan pendidikan
2.   Pelaksanaan ujian sekolah
3.   Pelaksanaan ujian nasional
4.   Rekap hasil ujian nasional 3 tahun terakhir dan perbandingan dengan ujian sekolah
5.   Target dan program peningkatan kualitas lulusan yang akan dicapai

BAB IV    KALENDER PENDIDIKAN
A.  Penetapan Awal Tahun Pelajaran
B.  Pengaturan Waktu Belajar Efektif
C. Pengaturan Waktu Libur
D. Penjabaran Matrik Kalender Pendidikan Sekolah

LAMPIRAN
1.  SK TIM Pengembang Kurikulum (TPK) Sekolah yang dilengkapi dengan uraian tugas dan rencana kerja (action plan)
2.  Rekomendasi/Saran perbaikan KTSP tahun lalu dari TPK Provinsi
3.  Contoh Analisis keterkaitan SKL, KI dan KD  dan atau Analisis SK/KD 1 mapel/tingkat
4.  Contoh Analisis penetapan KKM 1mapel/tingkat dengan mapel yang berbeda
5.  SK-KD Mulok* (K 2006). Pengembangan Indikator KD utk Mulok yang terintegrasi
6.   Peraturan Akademik Sekolah
7.   Program Masa orientasi peserta didik baru
8.   Regulasi non Akademik

DOKUMEN II
Memiliki Silabus yang disesuaikan dengan RPP dengan ketentuan sebagai berikut:
1.    Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 Silabus 1 KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3  satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
2.    Kurikulum 2013: Silabus satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK /Kelas, pada Semester Ganjil



DOKUMEN III
Memiliki RPP yang disesuaikan dengan Silabus dengan ketentuan sebagai berikut
1.      Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 RPP 1 KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3  satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
2.      Kurikulum 2013: RPP satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK /Kelas, pada Semester Ganjil





PENJELASAN SISTEMATIKA
 DOKUMEN I  KTSP SD KABUPATEN SIJUNJUNG

SISTEMATIKA
PENJELASAN
COVER
Memuat :
3.     Lambang Kabupaten Sijunjung
4.     Judul KTSP
Contoh : KURIKULUM SD …………
5.     Tahun Pelajaran 2017/2018
6.     Nama Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung
7.       Alamat sekolah
HALAMAN PENGESAHAN
Memuat :
1.     Rumusan kalimat pengesahan
Contoh :
Setelah memperhatikan pertimbangan, saran dan masukan dari  Komite Sekolah dan Majelis Guru, maka dengan ini Kurikulum SD Negeri 1 Sijunjung disahkan untuk diberlakukan pada tahun pelajaran 2017/2018 dan akan dilakukan penyempurnaan pada tahun berikutnya.
2.     Menetapkan Kepala sekolah,Tanda tangan kepala sekolah disertai stempel sekolah
3.     Mengetahui Ketua Komite sekolah, Tanda tangan komite sekolah disertai stempel komite
4.       Mengesahkan dan Tempat untuk tanda tangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung
KATA PENGANTAR
Memuat :
1.   Ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala Rahmat-Nya dalam penyusunan dokumen KTSP
2.   Rasional/dasar hukum perlunya dokumen KTSP sekaligus sebagai acuan penyusunan dokumen KTSP
3. Ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu tersusunnya dokumen KTSP
4.  Harapan penyempurnaan dokumen KTSP untuk masa yang akan dating
DAFTAR ISI
1.     Memiliki daftar isi sesuai dengan kerangka dokumen KTSP yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung tahun 2017
2.          Memiliki sistematika dan aturan penulisan yang sesuai dengan  kerangka dokumen KTSP yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjungtahun 2017 (Judul Bab, Sub Bab dan penomoran)
BAB I PENDAHULUAN

A.
Rasional
Menguraikan tentang :
1.     Hasil evaluasi KTSP tahun sebelumnya, berupa saran perbaikan dari validator tahun yang lalu serta tindak lanjutnya dan evaluasi pelaksanaan KTSP selama 1 tahun yang lalu.
2.     Dinamika perubahan internal dan eksternal yang menuntut sekolah untuk melakukan perubahan dan penyempurnaan KTSP agar pembelajaran relevan dengan kebutuhan peserta didik dimasa yang akan datang.
3.     Evaluasi diri sekolah sebagai hasil dari membandingkan kondisi nyata sekolah (potret sekolah saat ini) dengan kondisi ideal yang diharapkan berdasarkan SNP (SKL, ISI, Proses, Penilaian dan Pengelolaan)
4.       Potensi akademik dan non akademik yang dimiliki sekolah serta karakteristik yang menjadi kekhasan sekolah
B.
Dasar Hukum
Berisi landasan hukum yang terkait dengan pengembangan dan penyusunan KTSP , mulai dari UU Sisdiknas, Peraturan Pemerintah, Peraturan menteri Pendidikan dan aturan/ketentuan Pemerintah daerah/badan/lembaga lain yang relevan.
1.
Undang-undang No 20 thn 2003 tentang Sisdiknas
2.
PP No 19 tahun 2005 tentang SNP dan/atau PP No 32 tahun 2013 dan PP No. 13 thn 2015 ttng Perubahan PP No 19 tahun 2005 tentang SNP 
3.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24Tahun 2006Tentang Pelaksanaan Permendiknas No.22 dan 23 Tahun 2006
4.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 06 Tahun 2007 Tentang Perubahan Permen No.24 Tahun 2006
5.
Permendiknas no 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan
6.
Permendiknas No 61 thn 2014 tentang Penyusunan KTSP
7.
Permendikbud No. 57 thn 2014 tentang Kerangka Dasar Kurikulum SD
8.
Permendikbud No 20 tahun 2016 dan/atau Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006Tentang SKL
9.
Permendikbud No 21 tahun 2016 dan/atau  permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
10.
Permendikbud No 22 tahun 2016 dan/atau Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
11.
Permendikbud No 23 tahun 2016 dan/atau Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian
12.
Permendikbud No 24 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Inti dan kompetensi Dasar
13
Permendikbud No. 23 thn 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
14.
Pemendikbud No. 111 thn 2014 ttng penyelenggaraan BK di Sekolah
15.
Permendikbud No 62 tahun 2014 ttng Pelaksanaan Ekstra Kurikuler
16
Permendikbud No 63 tahun 2014 ttng Pelaksanaan Ekstra Kurikuler  Pramuka
17.
Permendikbud No 18 Tahun 2016 ttng Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru
18.
Peraturan daerah………..(yang relevan)
C.
Tujuan Penyusunan KTSP
Berisi uraian tentang pentingnya dokumen KTSP bagi sekolah
BAB II  TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN

A.
Gambaran Proses lahirnya Visi, Misi dan Tujuan

B.
Visi Satuan Pendidikan
1.
Berbentuk pernyataan yang ringkas dan mudah dipahami
2.
Mengacu pada tujuan pendidikan dasar yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
3.
Mengacu tuntutan SKL Satuan Pendidikan
C.
Misi Satuan Pendidikan
Menjabarkan pencapaian visi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:
1.
Merupakan upaya pencapaian visi yang jelas dan terukur,
2.
Menggunakan kata kerja (seperti mewujudkan, melaksanakan dll), merupakan kegiatan yang akan dilakukan pada kurun waktu tertentu
3.
Menekankan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh sekolah (akademik dan non akademik)
4.
Menjadi dasar bagi penetapan tujuan sekolah
5.
Menjadi dasar program pokok satuan pendidikan
C.
Tujuan Satuan Pendidikan
Menjabarkan pencapaian misi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup:
1.   Menggambarkan tingkat kualitas yang ingin dicapai dalam jangka menengah (1 tahunan)
2.   Mengacu pada visi, misi dan tujuan pendidikan nasional serta relevan dengan kebutuhan masyarakat
3.   Menjabarkan pencapaian misi dalam bentuk pernyataan yang terukur (diawali dengan kata seperti : tercapainya, terwujudnya, terlaksananya dll.)  dan dapat dicapai sesuai skala prioritas
D.
Strategi Pelaksanaan Gerakan Literasi di Sekolah
Uraian tentang gerakan literasi sekolah dengan mempedomani buku panduan gerakan literasi sekolah yang meliputi :
1.       Lingkungan fisik sekolah (ketersediaan fasilitas, sarana pra sarana literasi)
2.       Lingkungan sosial dan  afektif (dukungan partisipasi aktif semua warga sekolah) dalam melaksanakan kegiatan literasi di sekolah
3.      Lingkungan akademik (adanya program literasi yang nyata dan bisa dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah)

E.
Strategi Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah
Menggambarkan kristalisasi nilai Utama Religius, Nasionalisme, Integritas, Gotong Royong, dan Mandiri melalui :

a
PPK dalam pembelajaran
b
PPK melalui ekstrakurikuler dan Program PHBI/PHBN
c
PPK berbasis kemitraan dan partisipasi Orang tua/masyarakt
d
PPK berbasis Pembiasaan/rutinitas
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.
Muatan Kurikulum Nasional
1.
Daftar mata pelajaran disusun/dikelompokkan sesuai dengan Permendiknas/permendikbud yang berlaku (Permendikbud No. 57 thn 2014 tentang muatan Kurikulum SD atau permendiknas no 22 thn 2006 tentang standar Isi)
2.
Pengaturan alokasi waktu per mata pelajaran sesuai dengan Permendiknas/permendikbud yang berlaku (Permendikbud No. 57 thn 2014 tentang muatan Kurikulum SD atau permendiknas no 22 thn 2006 tentang standar Isi
B.
Muatan Kurikulum Daerah/Muatan Lokal
Menguraikan :
1.   Dasar Hukum Pelaksanaan Muatan lokal,Baik yang diintegrasikan maupun yang berdiri sendiri
2.   Daftar nama Mata Pelajaran dan jenis mulok yang diintegrasikan maupun yang berdiri sendiri.
Sebagai contoh : Silat Kumango diintegrasikan pada mata pelajaran Olahraga
3.   Strategi pelaksanaan integrasi Mulok pada KI-KD mata pelajaran yang relevan
C.
Muatan Kekhasan Satuan Pendidikan
Merupakan program kecakapan hidup (PKH), program keunggulan  lokal dan global yang dimiliki sekolah, yang menguraikan :
1.     Penerapan pendidikan kecakapan hidup
a.Uraian program PKH
b. Strategi pelaksanaan PKH

2.     Penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global
Uraian program PBKL/PBKG
Strategi pelaksanaan PBKL/PBKG
D.
Pengembangan Diri
Merupakan Ekstra Kurikuler, menguraikan :
Jenis dan strategi pelaksanaan program ekstra kurikuler
1.     Uraian tentang jenis dan strategi pelaksanaan program pengembangan bakat, minat dan prestasi peserta didik
2.  Jenis Program ekstra kurikuler
3.  Strategi pelaksanaan kegiatan
4.  Strategi penilaian dan pelaporan
E.
Pengaturan Beban Belajar
Menguraikan :
1.     Sistem yang digunakan (sistem paket atau SKS)
2.     Pengaturan alokasi waktu pembelajaran per jam tatap muka 35 menit/Jam, Jumlah Jam Kls. I 26 + 4 , Kls. II 27+4, Kls.III. 28+4, Kls. IV,V dan VI, 32+4. (K.2006) . Jumlah jam pembelajaran/minggu Kelas I 30, Kelas II 32, Kls III 34, Kls IV, V, VI  36 jam/mg (K.2013) , jumlah minggu efektif 34-38 mg/tahun pelajaran, jumlah jam pelajaran per tahun dan pengaturan sistem beban belajar yang digunakan.  jumlah jam pelajaran lengkap 6 semester Alokasi rinci beban belajar jam TM/hari
3.     Uraian tentang pengaturan beban belajar tatap muka (TM) penugasan terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri  (KM), dengan alokasi waktu PT dan KM maks 40% dari waktu TM

Beban Belajar tambahan

  1. Rasional pemanfaatan penambahan jam pelajaran/minggu berdasarkan hasil analisis standar isi dan kebutuhan sekolah, serta aturan  yang berlaku. (K. 2006)
  2. Tabel penambahan jam

F.
Ketuntasan Belajar
Menguraikan :
1.     Uraian tentang mekanisme dan prosedur penentuan KBM meliputi a). nilai KKM/KBM ditentukan berdasarkan analisis 3 komponen, dan b). ditetapkan dalam Rapat dewan guru
2.     Daftar kriteria ketuntasan minimal  (KKM) : Lengkap untuk semua mapel dan setiap tingkat
3.     Mekanisme, prosedur dan analisis penetapan KKM
4.     Uraian program sekolah dalam meningkatkan KKM untuk mencapai KKM ideal
G.
Rancangan Penilaian


Menguraikan strategi pelaksanaan penilaian yang mengacu kepada Permendikbud No 23 tahun 2016 dan/atau Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian serta Petunjuk Pelaksanaan penilaian pada SD
1.     Akademik   yang mencakup :
a.     Jenis Penilaian
b.    Teknik penilaian
c.     Penjadwalan penilaian
d.    Mekanisme dan prosedur penilaian
e.     Bentuk hasil penilaian

2.     Non Akademik,Penilaian akhlak mulia dan kepribadian :
a.         Jenis penilaian
b.         Teknik penilaian
c.         penjadwalan penilaian
d.         Mekanisme dan prosedur penilaian
e.         Bentuk hasil penilaian
H.
Kenaikan Kelas
Menguraikan :
1.     Kriteria kenaikan kelas sesuai kebutuhan sekolah dengan mempertimbangkan ketentuan yang berlaku diantaranya SK Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008
2.     Uraian tentang mekanisme dan prosedur pelaporan hasil belajar peserta didik (UH, UTS, Ulangan Semester dan Ulangan kenaikan kelas)
3.     Uraian tentang :
a). bentuk pelaksanaan program remedial dan
b). bentuk pelaksanaan program pengayaan


I.
Kelulusan Ujian Sekolah
Menguraikan tentang Kriteria Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dengan mengacu kepada aturan yang berlaku, uraian mencakup :
1.     Kriteria kelulusan dari satuan pendidikan sesuai aturan yang berlaku.
2.     Uraian tentang pelaksanaan Ujian Sekolah
3.     Rekap hasil Ujian Sekolah 3 tahun terakhir dan perbandingan dengan Ujian Akhir Sekolah
4.     Target dan program peningkatan kualitas kelulusan yang akan dicapai pada tahun pelajaran yang berjalan
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN

A.
Permulaan Awal Tahun Pelajaran
Menetapkan awal tahun pelajaran dimulai dan kegiatan sekolah di awal tahun pelajaran baru
B.
Pengaturan Waktu Belajar Efektif
Menetapkan jumlah minggu, hari, jam  efektif untuk Pembelajaran per bulan/semester untuk semua tingkat
C.
Pengaturan Waktu Libur
Menetapkan hari libur jeda tengah semester, libur antar semester, libur akhir tahun pelajaran, libur nasional, libur keagamaan dan dan hari-hari libur khusus
D.
Penjabaran Matrik Kalender Pendidikan Sekolah
Melampirkan kalender pendidikan sekolah dengan mengacu pada kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, yang menggambarkan secara lengkap aktivitas sekolah untuk 1 tahun pelajaran.
LAMPIRAN

1.   SK TPK Sekolah
Memuat uraian tugas dan rencana kerja (action plan) yang menggambarkan proses pengembangan dan penyusunan dokumen KTSP di sekolah
2.   Hasil Rekomendasi KTSP tahun lalu
Melampirkan instrumen validasi tahun  sebelumnya beserta lembar disposisi
3.   Contoh analisis keterkaitan SKL dan KI-KD dan/atau analisis SK/KD,sesuaikan dengan silabus
1 per mata pelajaran/ tiap tingkat, format sesuai ketentuan
4.   Contoh analisis penetapan KKM
1 per mata pelajaran/tingkat dengan mapel yang berbeda. Format sesuai ketentuan yang bisa menggambarkan pengolahan komponen intake, kompleksitas dan daya dukung
5.   SK-KD Mulok* (K 2006). Pengembangan Indikator KD utk Mulok yang terintegrasi
Cukup jelas
6.   Peraturan Akademik Sekolah
Cukup jelas

7.   Program Masa Orientasi Peserta Didik Baru
Cukup jelas
8.   Regulasi Non Akademik
a.     PPDB
b.    Mutasi siswa
c.     Tata tertib sekolah

DOKUMEN II
Memiliki Silabus yang disesuaikan dengan RPP dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 Silabus 1 KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3  satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
  2. Kurikulum 2013: Silabus satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK /Kelas, pada Semester Ganjil
Dengan Rincian:

Memiliki Identitas mata pelajaran/TEMA
1.    Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
2.    Memiliki KI/KD, atau SK/KD
3.    Mengembangkan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.    Memiliki materi Pokok dan Rincian Materi pokok sesuai IPK
5.    Menggambarkan tahapan dari strategi/pendekatan yang dipilih
6.    Menggambarkan bentuk/teknik penilaian sesuai tuntutan IPK  KD
7.    Memiliki Alokasi Waktu
8.    menuliskan sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan


DOKUMEN III
Memiliki RPP yang disesuaikan dengan Silabus dengan ketentuan sebagai berikut
  1. Kurikulum 2006: Untuk guru kelas 4,5,6 RPP 1 KD, semua mata pelajaran, untuk kelas 1,2,3  satu sub tema/kelas, pada Semester Ganjil
  2. Kurikulum 2013: RPP satu sub tema/kelas ditambah Silabus 1 KD mata pelajaran PAI /Kelas, Silabus 1 KD mata pelajaran PJOK /Kelas, pada Semester Ganjil
Dengan Komponen
1.          Identitas RPP (Nama Sekolah, Mata Pelajaran dan atau TEMA/Sub Tema/PB, Kelas/Semester, Alokasi Waktu/Jumlah pertemuan)
2.          Memuat KI dan KD dan atau SK/KD
3.          Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
4.          Indikator Pencapaian Kompetensi (Merupakan perilaku yang terukur/diobservasi, memiliki KKO dan materi)
5.          Materi :
a. Dikembangkan berdasarkan materi pokok,
b. Ditulis dalam bentuk poin-poin sesuai IPK
6.      Pendekatan/Metode : Menggunakan pendekatan saintifik yang sesuai dengan KD, karakteristik peserta didik
7.      Media, Alat, Sumber : a. Media/Alat pembelajaran  b. Sumber pembelajaran (ditulis seperti halnya daftar pustaka)
8.      Langkah-langkah pembelajaran :
a.      Memuat Nilai Karakter, Literasi, Keterampilan Abad 21 dan Hots
b.      Pendahuluan :
1). Menyiapkan peserta didik
2). Apersepsi
3). Motivasi 
4). Menyampaikan tujuan pembelajaran dan penilaian,
c.      Kegiatan Inti  sesuai sintaks model/strategi/pendekatan pembelajaran yang digunakan
d.      Penutup Memuat:
1). Kesimpulan
2).refleksi,
3). Tindak lanjut
9.              Penilaian :
a. Bentuk penilaian,
b. Instrumen,
c. Pedoman penskoran
10.     Program Remedial dan pengayaan


Komentar

  1. ada contoh dokumen satu nya gk, kalo ada boleh di bagi gk,, buat referensi,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pancasila