LAPORAN PD KEPALA SEKOLAH SDN 29 KAMANG
![]() |
LAPORAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BERKELANJUTAN
( PKB )
OLEH
CANDRA WARMAN. M.Pd
NIP. 19671212 2005 01 1 005
PEMERINTAH KABUPATEN SIJUNJUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KKKS KEC. KAMANG BARU
TAHUN 2019
HALAMAN PENGESAHAN
Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan kegiatan Pengembangan Diri Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) oleh:
|
Nama |
: |
CANDRA WARMAN. M.Pd |
|
Tempat/Tanggal Lahir |
: |
Agam / 12 Desember 1967 |
|
NIP |
: |
19671212 2005 01 1 005 |
|
Pangkat/Golongan Ruang |
: |
Penata /III.c |
|
Unit Kerja |
: |
SDN 29 Kamang |
|
Jabatan |
: |
Kepala Sekolah |
|
Unit Kegiatan |
: |
Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Kamang Baru |
|
Lama Kegiatan |
: |
24 September s/d 10 Desember 2019 |
|
Jumlah Jam |
: |
32 Jam |
|
No Sertifikat |
: |
800/47695/DIKBUD-2019 |
Berdasarkan hal diatas maka dengan ini Laporan Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Kepala Sekolah yang telah dilaksanakan serta dibuat memang telah dilaksanakan dengan sesungguhnya sesuai dengan surat tugas dan daftar hadir yang ada beserta bukti pisik lainya.
Kamang Baru, 31 Desember 2019
|
Diketahui oleh: Korwil Kec.Kamang Baru,
M. Nasir, S.Pd. NIP. 19620527 198202 1 001 |
Ketua KKKS,
Desmarizal, S.Pd. NIP. 19700929 199403 1 006 |
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan petunjuk, kejernihan hati dan pikiran sehingga Penyusunan Laporan Pengembangan Diri Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) ini bisa selesai.
Penyusunan Laporan ini dilakukan sebagai bukti phisik bagi penulis dalam mengikuti kegiatan – kegiatan pengembangan diri keprofesionalan berkelanjutan (PKB) yang dilakukan yang dilaksanakan oleh KKKS Kecamatan Kamang Baru dalam rangka meningkat kompetensi penulis sebagai Kepala Sekolah.
Dalam rangka pengembangan diri keprofesionalan berkelanjutan (PKB) Kepala sekolah ini banyak pihak yang telah berpartisifasi mempasiltasi dan membantu kesuksesan kegiatan kepada kami sebagai tenaga pendidik di lingkungan KKKS Kecamatan Kamang Baru dan secara khusus terhadap penulis sendiri, Oleh sebab itu terima kasih penulis aturkan kepada:
1. Bapak Ramler,SH.MM selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung
2. Bapak Drs. Syukur, MM selaku Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung
3. Pejabat pelaksanan teknis kegiatan KKG pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung
4. Bapak Pengawas SD kabupaten Sijunjung wilayah Kecamatan Kamang Baru
5. Bapak/Ibuk Pengurus KKKS Kecamatan Kamang Baru
6. Bapak/Ibu Kepala Sekolah peserta KKKS Kecamatan Kamang Baru.
Penulis sadari bahwa laporan pengembangan diri keprofesionalan berkelanjutan (PKB), pada kegiatan KKKS Kecamatan Kamang Baru, belumlah sesempurna dan harapanya, untuk hal tersebut saran dan kritik sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Demikianlah Laporan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Kamang Baru ini dibuat, Akhir kata kami bermohon kehadirat Allah SWT, semoga segala bantuan yang diberikan merupakan amal-ibadah dan diberikan balasan oleh Allah SWT. Amin.
Kamang Baru, 28 Desember 2019
Penyusun
CANDRA WARMAN. M.Pd NIP. 19671212 2005 01 1005
DAFTAR ISI
Halaman
|
HALAMAN PENGESAHAN ..................................................................... |
I |
|
KATA PENGANTAR ......................................................................... DAFTAR ISI .......................................................................................... BAB I PENDAHULUAN ........................................................................ Latar Belakang ................................................................................ Rumusan Masalah ............................................................................ Dasar Hukum ................................................................................ Tujuan.............................................................................................. Mamfaat ........................................................................................... BAB II LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN .............................. A. Nama Kegiatan ....................................................................... B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan ............................................... C. Struktur Program..................................................................... D. Peserta ....................................................................................... E. Narasumber ............................................................................. F. Time Schedule Kegiatan .......................................................... G. Kepengurusan .................................................................. BAB III HASIL PELAKSANAAN, EVALUASI DAN PENGGUNAAN DANA............................................................................................ A. Hasil Pelaksanaan...................................................................... B. Evaluasi Pelatihan..................................................................... C. Sumber Dana............................................................................ D. Penggunaan Dana...................................................................... E. Sertifikat Pelatihan .................................................................. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan ............................................................................. B. Saran .......................................................................................
|
ii iii
1 4 4 5 5
6 6 6 7 8 9 11
12 12 12 13 13
14 14 |
LAMPIRAN
1. Undangan
2. Daftar Hadir kegiatan
3. Materi Kegiatan
4. Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan
5. Sertifikat
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 207 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, mengamanatkan bahwa kepala sekolah merupapakan pimpinan teringgi disekolah wajib memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Oleh sebab itu, secara bertahap dan berkesinambungan kompetensi kepala sekolah harus ditingkatkan melalui Pengembangan Diri Berkelanjutan (PKB) kepala sekolah.
Sehubungan dengan hal tersebut Sekolah merupakan sarana yang paling tepat, sebagaimana yang diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008. Sekolah Dasar (SD) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar, Dalam kata lain pendidikan di Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kwalitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, olahraga, dan olahkarya (Pendahuluan Permen 14 tahun 2007). Keberhasilan suatu sekolah mencapai tujuan yang diharapkan sangat tergantung kepada bagaimana model pengelolaan terhadap segala sumber daya yang dimiliki sekolah tersebut. Sumber daya sekolah yang memadai bukan jaminan akan mewujudkan harapan-harapan warga sekolah yang telah dirumuskan menjadi tujuan sekolah tersebut, jika kepala sekolah sebagai pimpinan tidak mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.
Sebagai acuan dan kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tersebut (dalam hal ini sekolah), adalah Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 dan Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Standar Pelayanan Minimal bagi Pendidikan Dasar. Pada peraturan tersebut telah ditetapkan delapan standar nasional pendidikan yaitu; standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan, serta standar penilaian pendidikan.
Sedangkan peraturan menteri pendidikan nasional (permendikas) Republik Indonesia nomor 28 tahun 2010 menjelaskan bahwa, penugasan guru sebagai kepala sekolah memberikan angin segar bagi peningkatan profesionalisme seorang kepala sekolah. Kepala sekolah adalah guru yang beri tugas tambahan untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai seorang guru, kepala sekolah sejatinya adalah juga pendidik yang harus mampu membina guru-guru disekolahnya menjadi guru kreatif dan selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Dengan adanya tugas tambahan tersebut, kepala sekolah tidak hanya dituntut untuk membina guru saja, tetapi lebih dari itu, juga dituntut untuk membina dan mengelola seluruh komponen sekolah lainnya seperti tenaga adminstrasi sekolah, perpustakaan, dan lain sebagainya. Tuntutan-tuntutan ini adalah merupakan tugas-tugas yang baru bagi seorang guru yang diserahi tugas tambahan kepala sekolah. Disisi lain, tujuan utama sekolah berupa peningkatan mutu pendidikan hanya dapat diraih jika seluruh komponen sekolah dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing melalui pembinaan dan pengelolaan seorang kepala sekolah yang profesional.
Karena begitu banyaknya tugas-tugas baru seorang kepala sekolah maka untuk menjadi seorang kepala sekolah yang profesional tentu tidaklah mudah. Diperlukan waktu yang cukup untuk belajar bagaimana melaksanakan tugas-tugas yang baru tersebut. Pelatihan, bimbingan dan pembinaan bagi kepala sekolah merupakan upaya-upaya yang mesti dilakukan oleh pihak terkait dalam rangka melahirkan pemimpin sekolah profesional dan berkualitas yang diharapkan mampu untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Kepala sekolah profesional adalah kepala sekolah yang melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sebagai mana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang meliputi lima dimensi kompetensi yang harus dimiliki, yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan kompetensi sosial, dari lima kompetensi tersebut kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan dimensi kompetensi yang menuntut 16 kompetensi. Jumlah kompetensi ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan kompetensi pada dimensi kompetensi lainya. Tingkat kemampuan kepala sekolah dalam mengarahkan, memberdayakan, menggerakkan, dan mengembangakan sumber daya sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangat bergantung kepada kompetensi manajerial seorang kepala sekolah.
Dalam pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) disamping mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan fungsional, kepala sekolah dapat mengikuti kegiatan kolektif kepala sekolah. Salah satu bentuk kegiatan kolektif kepala sekolah diantaranya adalah kegiatan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), dimana setiap mengikuti kegiatan KKKS kepala sekolah akan dihargai dengan angka kredit 0,15 dengan syarat ada surat tugas, surat keterangan mengikuti kegiatan KKKS dan laporan kegiatan.
Berdasarkan hal di atas KKKS Kecamatan. Kamang Baru membuat program Kegiatan Peningkatan Keprofesionalan berkelanjutan Kepala Sekolah. Tujuannya adalah untuk memotivasi dan mendorong PTK untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermamfaat bagi pengembangan dan peningkatan karirnya.
Melalui kegiatan KKKS Kecamatan Kamang Baru Peningkatan Profesional Berkelanjutan Kepala Sekolah Kecamatan Kamang Baru mampu meningkatkan karirnya baik dalam tupoksinya (manajerial dan supervisi, serta kewirausahaan) maupun kemampuan dalam Publikasi Ilmiah menuju kepala Sekolah yang profesional.
B. Tujuan
Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru bertujuan untuk Pengembangan Keprofesionalan penulis bersama teman-teman kepala Sekolah Sekecamatan Kamang Baru dalam peningkatan kopentensi dalam:
|
1. |
PKG dan PK kepala Sekolah |
|
2. |
Penyusunan SKP |
|
3. |
Penyusunan RKJM |
|
4. |
Penyusunan RKAS BOS |
|
5. |
Sosialisasi SPMI (sistem penjaminan Mutu Internal) |
|
6. |
Penyusunan KTSP |
|
7. |
Penilaian Kurikulum 2013 |
|
8. |
Aplikasi raport Kurikulum 2013 |
C. Manfaat
Sedangkan manfaat yang didapat dari kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru ini adalah;
a. Dapat mengimplementasikan PKG dan PK kepala Sekolah
b. Dapat menyusun SKP
c. Dapat Penyusunan RKJM
d. Dapat menyusun RKAS BOS tahun 2019
e. Perencanaan dan Penyusunan KTSP 2019 dengan baik
f. Aplikasi Raport Kurikulum 2013
D. Rumusan Masalah
Apakah kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru dapat meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah?
E. Dasar Hukum
1. Undang-undang 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
5. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksana Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
7. Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 13 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017;
8. Peraturan Daerah Sijunjung Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Tahun Anggaran 2018;
9. Peraturan Bupati Sijunjung Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui kegiatan KKKS di Kec. Kamang Baru.
B. Waktu dan TempatPelaksanaan
Sesuai keputusan rapat pengurus KKKS tanggal 26 Januari 2018, pelaksanaan diadakan di SDN 37 Kunangan Parik Rantang, yang mana tempat tersebut mudah dijangkau dan memiliki ruangan untuk pertemuan yang dapat menampung peserta karena anggota KKKS berjumlah 41 orang beserta narasumber dan pengawas sekolah.
Tabel 2.1
Struktur Program KKKS Kec. Kamang Baru
Tahun 2018
|
NO |
Materi |
Jam @50/JP |
Narasumber |
|
1 |
Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan |
2 JP |
Kepala Dinas |
|
2 |
Implementasi PKG dan PK kepala Sekolah |
2 JP |
Dariman, S.Pd |
|
3 |
Penyusunan SKP |
4 JP |
M. Nasir, S.Pd |
|
4 |
Penyusunan RKJM |
4 JP |
Darus Nazar, S.Pd |
|
5 |
Penyusunan RKAS BOS |
4 JP |
Desmarizal, S.Pd |
|
6 |
Sosialisasi SPMI (sistem penjaminan Mutu Internal) |
4 JP |
Dariman, S.Pd |
|
7 |
Penyusunan KTSP |
4 JP |
Candra Warman, M.Pd |
|
8 |
Penilaian Kurikulum 2013 |
4 JP |
Jamaris, S.Pd |
|
9 |
Aplikasi raport Kurikulum 2013 |
4 JP |
Jamaris, S.Pd |
|
TOTAL |
32 JP |
|
|
Keterangan: *) 32JP @ 50 menit
D. Peserta
Peserta Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah kec. Kamang Baru diikuti oleh 41 orang Kepala Sekolah dengan rincian daftar nama sebagai berikut :
Tabel 2.2
Daftar Nama peserta KKKS Kec. Kamang Baru
Tahun 2018
|
No |
NAMA |
NIP |
Tempat Tugas |
|
1 |
Ernawita, S.Pd |
196212211986032005 |
SDN 1 SUNGAI LANSEK |
|
2 |
Jamaris, S.Pd |
197003041992101001 |
SDN 2 KAMANG |
|
3 |
Nur Aini, S.Pd |
196603031990112001 |
SDN 3 AIR AMO |
|
4 |
Hefidah HS, S.Pd.I |
196311201984032005 |
SDN 4 MUARO TAKUNG |
|
5 |
Maria Ulfa, S.Pd |
198601152010012017 |
SDN 5 SIAUR |
|
6 |
Sri Fitri Narti, S.Pd |
197904052005012010 |
SDN 6 SUNGAI BETUNG |
|
7 |
Anasrul, S.Pd |
196904041999031007 |
SDN 7 AIR AMO |
|
8 |
Arwin Rasyid, S.Pd |
196012101993121001 |
SDN 8 SUNGAI BETUNG |
|
9 |
Evariani, S.Pd |
196607231993032002 |
SDN 9 KUNPAR |
|
10 |
Asril, S.Pd |
196907202007011030 |
SDN 10 KUNPAR |
|
11 |
Endang Widyarti, S.Pd |
197105031996032004 |
SDN 11 KUNPAR |
|
12 |
Sutar wendi, S.Pd |
197101181999121001 |
SDN 12 SUNGAI LANSEK |
|
13 |
Doris Erdimanto, S.Pd |
198709122010011008 |
SDN 13 SUNGAI BETUNG |
|
14 |
Aprizal, S.Pd |
196008171982071001 |
SDN 14 KAMANG |
|
15 |
Gusmiati, S.Pd |
196608131995032001 |
SDN 15 MUARO TAKUNG |
|
16 |
Agustus, S.Pd |
196908171994031011 |
SDN 16 KUNPAR |
|
17 |
Haryadi, S.Pd |
197001091991011002 |
SDN 17 AIR AMO |
|
18 |
Hafidz Rezi, S.Pd |
198707162010011008 |
SDN 18 AIR AMO |
|
19 |
Sukirman, S.Pd |
197004051993111001 |
SDN 19 AIR AMO |
|
20 |
Razef Zulkarnain, S.Pd |
198605092009021001 |
SDN 20 AIR AMO |
|
21 |
Afrizal, S.Pd |
196604061994031003 |
SDN 21 AIR AMO |
|
22 |
Erniwati, S.Pd |
196505071987082001 |
SDN 22 SUNGAI LANSEK |
|
23 |
Mrihadi, S.Pd |
196506071989081003 |
SDN 23 KAMANG |
|
24 |
Ali Arman, S.Pd |
196810282000122001 |
SDN 24 KUNPAR |
|
25 |
Yulias Metri, S.Pd |
197207051996032002 |
SDN 25 MUARO TAKUNG |
|
26 |
Zurni, S.Pd |
197202022003122005 |
SDN 26 KUNPAR |
|
27 |
Wandi Asmadi, S.Pd |
196806201997101001 |
SDN 27 KAMANG |
|
28 |
Nutijar, S.Pd |
1964081019994032007 |
SDN 28 SUNGAI LANSEK |
|
29 |
Candra Warman, S.Pd |
196712122005011005 |
SDN 29 KAMANG |
|
30 |
Sunardi, S.Pd |
196810052005011005 |
SDN 30 SUNGAI LANSEK |
|
31 |
Nurhayati, S.Pd |
196902161999122001 |
SDN 31 KAMANG |
|
32 |
Debi Andam Suri, S.Pd |
198307222009022005 |
SDN 32 AIR AMO |
|
33 |
Suyati, S.Pd |
197203161997102001 |
SDN 33 KAMANG |
|
34 |
Heni Lasfino, S.Pd |
197508021999122001 |
SDN 34 KAMANG |
|
35 |
Suharto, S.Pd |
196802132006041004 |
SDN 35 KAMANG |
|
36 |
Efendi, S.Pd |
196705031999121001 |
SDN 36 AIR AMO |
|
37 |
Desmarizal, S.Pd |
197009291994031006 |
SDN 37 KUNPAR |
|
38 |
Salwati, S.Pd |
197207152000122001 |
SDN 38 KUNPAR |
|
39 |
Romadhanis, S.Pd |
197505241999122001 |
SDN 39 KAMANG |
|
40 |
Deswal Fatwa, S.Pd |
197112131997101001 |
SDN 40 MUARO TAKUNG |
|
41 |
Ritna Ayulisa, S.Pd.I |
- |
SDIT Salam Cendekia |
E. Narasumber
Narasumber Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah adalah narasumber orang orang yang berkompenten dibidangnya dan narasumber Kabupaten Sijunjung dengan rincian sebagai berikut :
Tabel 2.3
Daftar Nama Narasumber KKKS Kec. Kamang Baru
Tahun 2018
|
NO |
Nama Narasumber |
Unit Kerja |
Jabatan |
|
1. |
Kepala Dinas |
Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung |
Kepala Dinas |
|
2. |
Dariman, S.Pd |
Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung |
Pengawas SD |
|
3. |
Darius Nazar, S.Pd |
Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung |
Pengawas SD |
|
4. |
Desmarizal, S.Pd |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Kepala Sekolah |
|
5. |
M. Nasir, S.Pd |
Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung |
Pengawas SD |
|
6. |
Candra Warman, M.Pd |
SDN 29 Kamang |
Kepala Sekolah |
|
7. |
Jamaris, S.Pd |
SDN 2 Kamang |
Kepala Sekolah |
F. Time Schedule Kegiatan
Tabel 2.4
Time Schedule Kegiatan KKKS Kec. Kamang Baru
Tahun 2018
|
Pert Ke- |
Hari/Tanggal |
Tempat |
Uraian Materi |
Tujuan |
Narasumber |
Waktu (JP) |
|
1 |
Kamis, 1 Februari 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Implementasi PKG dan PK kepala Sekolah |
Kepala Sekolah termotivasi untuk meningkatkan kompetensinya sebagai kepal sekolah Kepala sekolah dapat membuat dan melaksanakan PKG dan PK kepala Sekolah di satuan kerja masing-masing |
ü Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung ü Dariman, S.Pd |
2 JP
|
|
2 |
Selasa, 6 Maret 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Penyusunan SKP |
Kepala Sekolah dapat menyusun SKP di satuan kerja masing-masing |
ü M. Nasir, S.Pd |
4 JP |
|
3 |
Rabu, 4 April 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Penyusunan RKJM |
Kepala Sekolah dapat menyusun RKJM di satuan kerja masing-masing |
ü Darius Nazar, S.Pd |
4 JP |
|
4 |
Rabu, 18 April 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Penyusunan RKAS BOS |
Kepala Sekolah dapat menyusun RKAS BOS tahun 2018 |
ü Desmarizal, S.Pd |
4 JP |
|
5 |
Jumat, 27 April 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Sosialisasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) |
Meningkatkan pemahaman Kepala Sekolah tentang SPMI |
ü Dariman, S.Pd |
4 JP |
|
6 |
Selasa, 10 Juli 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Bimtek Penusunan KTSP |
Kepala Sekolah dapat membuat KTSP dengan baik |
ü Candra Warman, M.Pd |
4 JP |
|
7 |
Selasa, 7Agustus 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Penilaian K2013 |
Meningkatkan pemahaman Kepala Sekolah tentang penialain Pada K2013 |
ü Jamaris, S.Pd |
4 JP |
|
8 |
Kamis, 13 September 2018 |
SDN 37 Kunangan Parik Rantang |
Aplikasi raport K2013 |
Kepala Sekolah dan Guru dalam Membuat Raport K2013 menggunakan Aplikasi Raport |
ü Jamaris, S.Pd |
4 JP |
G. KEPENGURUSAN
Susunan Kepengurusan Kegiatan Bantuan Dana Operasional Kegiatan untuk Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja kepala Sekolah Kec. Kamang Baru berjumlah 6 orang . Nama-nama kepengurusan sebagai berikut :
Tabel 2.2
Daftar Nama Pengurus KKKS Kec. Kamang Baru
Tahun 2019
|
NO |
Nama |
Jabatan Kepengurusan |
Asal Sekolah |
|
1 |
Desmarizal, S.Pd |
Ketua |
SDN 37 Kunpar |
|
2 |
Candra Warman, M.Pd |
Sekretaris |
SDN 29 Kamang |
|
3 |
Salwati, S.Pd |
Bendahara |
SDN 38 Kunpar |
|
4 |
Heni Lasfino, S.Pd |
Seksi Perencanaan |
SDN 34 Kamang |
|
5 |
Deswal Fatwa, S.Pd |
Seksi Sarpras |
SDN 40 M Takung |
|
6 |
Razef Zulkarnain, S.Pd |
Seksi Humas dan Kerjasama |
SDN 20 Air Amo |
BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN EVALUASI
A Hasil Pelaksanaan
Hasil dari Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru, Hasil selama Pelaksanaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kec. Kamang Baru terdiri dari :
1. PKG dan PK kepala Sekolah
2. SKP
3. RKJM
4. RKAS BOS
5. KTSP
6. Raport Kurikulum 2013
B EVALUASI PELATIHAN
Hasil pengolahan evaluasi terhadap peserta dapat di jabarkan sebagai berikut :
1. Kehadiran peserta sampai dengan akhir pertemuan 100 % dari 41 yang diundang
2. Sikap :
a. Kerjasama diperoleh dengan predikat B (baik)
b. Disiplin diperoleh dengan predikat B (baik)
c. Tanggung Jawab diperoleh dengan predikat B (baik)
d. Keaktifan diperoleh dengan predikat B (baik)
C Sumber Dana
Sumber dana Pelaksanaan Kegiatan untuk Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kec. Kamang Baru berasal dari iruan secara mandiri anggota KKKS Kec. Kamang Baru.
D Penggunaan Dana
Tabel 3.1
Rincian Penggunana Dana KKKS Kec. Kamang Baru
Kecamatan Sijunjung Tahun 2018
|
No |
Uraian |
Rincian |
Harga satuan |
Jumlah |
|
1. |
Makan minum |
8 pert x 45 org |
Rp.18.000,- |
Rp. 6.480.000,- |
|
2. |
Snack |
8 pert x 45 org |
Rp.5.000,- |
Rp.1.800.000,- |
|
3. |
ATK |
8 pert x 41 org |
Rp.5.000,- |
Rp.1.640.000,- |
|
Total biaya |
Rp.9.920.000,- |
|||
E. SERTIFIKAT PELATIHAN
Seluruh anggota yang mengikuti kegiatan KKKS akan memperoleh sertifikat pelatihan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan syarat jumlah kehadiran ≥ 80%.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru dapat meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah dalam bidang Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Implementasi PKG dan PK kepala Sekolah, Penyusunan SKP, Penyusunan RKJM, Penyusunan RKAS BOS, Sosialisasi SPMI, Bimtek Penyusunan KTSP, Penilaian Kurikulum 2013, dan Aplikasi raport Kurikulum 2013.
B. Saran
Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung melalui Bidang SD diharapkan lebih memberikan motivasi baik secara moril maupun materil dalam bentuk fasilitas bantuan Dana Operasional Kegiatan (DOK) Kepada KKKS Kec. Kamang Baru pada tahun 2019 dan atau hal lain yang serupa.

Komentar
Posting Komentar