LAPORAN PD KEPALA SEKOLAH SDN 29 KAMANG

 



kab. sijunjung.jpg

 


LAPORAN 

 

PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BERKELANJUTAN

( PKB )

 

OLEH

CANDRA WARMAN. M.Pd

NIP. 19671212 2005 01 1 005

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN SIJUNJUNG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

KKKS KEC. KAMANG BARU

TAHUN 2019

 

HALAMAN PENGESAHAN

 

Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan kegiatan Pengembangan Diri Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) oleh:

Nama

:

CANDRA WARMAN. M.Pd

Tempat/Tanggal Lahir

:

Agam / 12 Desember 1967

NIP

:

19671212 2005 01 1 005

Pangkat/Golongan Ruang

:

Penata /III.c

Unit Kerja

:

SDN 29 Kamang

Jabatan

:

Kepala Sekolah

Unit Kegiatan

:

Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Kamang Baru

Lama Kegiatan

:

24 September  s/d 10 Desember 2019

Jumlah Jam

:

32 Jam

No Sertifikat

:

800/47695/DIKBUD-2019

Berdasarkan hal diatas maka dengan ini Laporan Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Kepala Sekolah yang telah dilaksanakan serta dibuat memang telah dilaksanakan dengan sesungguhnya sesuai dengan surat tugas dan daftar hadir yang ada beserta bukti pisik lainya.

Kamang Baru, 31 Desember 2019

 

Diketahui oleh:

Korwil Kec.Kamang Baru,

 

 

 

 

M. Nasir, S.Pd.

NIP. 19620527 198202 1 001

Ketua KKKS,

 

 

 

 

 

Desmarizal, S.Pd.

NIP. 19700929 199403 1 006

 

KATA PENGANTAR

 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan petunjuk, kejernihan hati dan pikiran sehingga Penyusunan Laporan Pengembangan Diri Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) ini bisa selesai.

Penyusunan Laporan ini dilakukan sebagai bukti phisik bagi penulis dalam mengikuti kegiatan – kegiatan pengembangan diri keprofesionalan berkelanjutan (PKB) yang dilakukan yang dilaksanakan oleh KKKS Kecamatan Kamang Baru dalam rangka meningkat kompetensi penulis sebagai Kepala Sekolah.

Dalam  rangka pengembangan diri keprofesionalan berkelanjutan (PKB) Kepala sekolah  ini banyak pihak yang telah berpartisifasi mempasiltasi dan membantu kesuksesan kegiatan kepada kami sebagai tenaga pendidik di lingkungan KKKS Kecamatan Kamang Baru dan secara khusus terhadap penulis sendiri, Oleh sebab itu terima kasih penulis aturkan kepada:

 

1.   Bapak Ramler,SH.MM selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung

2.   Bapak Drs. Syukur, MM selaku Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung

3.   Pejabat pelaksanan teknis kegiatan KKG pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung

4.   Bapak Pengawas SD kabupaten Sijunjung wilayah Kecamatan Kamang Baru

5.   Bapak/Ibuk Pengurus KKKS Kecamatan Kamang Baru

6.   Bapak/Ibu Kepala Sekolah peserta KKKS Kecamatan Kamang Baru.

 

Penulis sadari bahwa laporan pengembangan diri keprofesionalan berkelanjutan (PKB), pada kegiatan KKKS Kecamatan Kamang Baru, belumlah sesempurna dan harapanya, untuk hal tersebut saran dan kritik sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan  ini.

Demikianlah Laporan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Kamang Baru ini dibuat, Akhir kata kami bermohon kehadirat Allah SWT, semoga segala bantuan yang diberikan merupakan amal-ibadah dan diberikan balasan oleh Allah SWT. Amin.

            Kamang Baru, 28 Desember 2019

 

Penyusun 

 

 

 

                                                CANDRA WARMAN. M.Pd                     NIP. 19671212 2005 01 1005

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN PENGESAHAN   .....................................................................

I

KATA PENGANTAR     .........................................................................

DAFTAR ISI             ..........................................................................................

BAB I    PENDAHULUAN    ........................................................................

Latar Belakang    ................................................................................

Rumusan Masalah  ............................................................................

Dasar Hukum      ................................................................................

Tujuan..............................................................................................

Mamfaat ...........................................................................................

BAB II  LAPORAN  PELAKSANAAN KEGIATAN ..............................

A.     Nama Kegiatan  .......................................................................

B.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan ...............................................

C.     Struktur Program.....................................................................

D.     Peserta .......................................................................................

E.     Narasumber   .............................................................................

F.      Time Schedule Kegiatan  ..........................................................

G.    Kepengurusan  ..................................................................

BAB III HASIL PELAKSANAAN, EVALUASI  DAN PENGGUNAAN DANA............................................................................................

A.     Hasil Pelaksanaan......................................................................

B.     Evaluasi Pelatihan.....................................................................

C.     Sumber Dana............................................................................

D.     Penggunaan Dana......................................................................

E.     Sertifikat Pelatihan ..................................................................

BAB IV  KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan   .............................................................................

B.     Saran   .......................................................................................

 

ii

iii

 

1

4

4

5

5

 

6

6

6

7

8

9

11

 

 

12

12

12

13

13

 

14

14

 

 

LAMPIRAN     

1.     Undangan

2.     Daftar Hadir kegiatan

3.     Materi Kegiatan

4.     Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan

5.     Sertifikat

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 207 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, mengamanatkan  bahwa kepala sekolah merupapakan pimpinan teringgi disekolah wajib memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Oleh sebab itu, secara bertahap dan berkesinambungan kompetensi kepala sekolah harus ditingkatkan melalui Pengembangan Diri Berkelanjutan (PKB) kepala sekolah.

Sehubungan dengan hal tersebut Sekolah merupakan sarana yang paling tepat, sebagaimana yang diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008. Sekolah Dasar (SD) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar, Dalam kata lain pendidikan di Sekolah Dasar diarahkan untuk meningkatkan kwalitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa, olahraga, dan olahkarya (Pendahuluan Permen 14 tahun 2007). Keberhasilan suatu sekolah mencapai tujuan yang diharapkan sangat tergantung kepada bagaimana model pengelolaan terhadap segala sumber daya yang dimiliki sekolah tersebut. Sumber daya sekolah yang memadai bukan jaminan akan mewujudkan harapan-harapan warga sekolah yang telah dirumuskan menjadi tujuan sekolah tersebut, jika kepala sekolah sebagai pimpinan tidak mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

Sebagai acuan dan kriteria dalam menetapkan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tersebut (dalam hal ini sekolah), adalah Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 dan Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Standar Pelayanan Minimal bagi Pendidikan Dasar. Pada peraturan tersebut telah ditetapkan delapan standar nasional pendidikan yaitu; standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan  pembiayaan, serta standar penilaian pendidikan.

Sedangkan peraturan menteri pendidikan nasional (permendikas) Republik Indonesia nomor 28 tahun 2010 menjelaskan bahwa, penugasan guru sebagai kepala sekolah memberikan angin segar bagi peningkatan profesionalisme seorang kepala sekolah. Kepala sekolah adalah guru yang beri tugas tambahan untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sebagai seorang guru, kepala sekolah sejatinya adalah juga pendidik yang harus mampu membina guru-guru disekolahnya menjadi guru kreatif dan selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Dengan adanya tugas tambahan tersebut, kepala sekolah tidak hanya dituntut untuk membina guru saja, tetapi lebih dari itu, juga dituntut untuk membina dan mengelola seluruh komponen sekolah lainnya seperti tenaga adminstrasi sekolah, perpustakaan, dan lain sebagainya. Tuntutan-tuntutan ini adalah merupakan tugas-tugas yang baru bagi seorang guru yang diserahi tugas tambahan kepala sekolah. Disisi lain, tujuan utama sekolah berupa peningkatan mutu pendidikan hanya dapat diraih jika seluruh komponen sekolah dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing melalui pembinaan dan pengelolaan seorang kepala sekolah yang profesional.

Karena begitu banyaknya tugas-tugas baru seorang kepala sekolah maka untuk menjadi seorang kepala sekolah yang profesional tentu tidaklah mudah. Diperlukan waktu yang cukup untuk belajar bagaimana melaksanakan tugas-tugas yang baru tersebut. Pelatihan, bimbingan dan pembinaan bagi kepala sekolah merupakan upaya-upaya yang mesti dilakukan oleh pihak terkait dalam rangka melahirkan pemimpin sekolah profesional dan berkualitas yang diharapkan mampu untuk memimpin dan mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala sekolah profesional adalah kepala sekolah yang melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sebagai mana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang meliputi lima dimensi kompetensi yang harus dimiliki, yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan kompetensi sosial, dari lima kompetensi tersebut kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan dimensi kompetensi yang menuntut 16 kompetensi. Jumlah kompetensi ini merupakan jumlah terbanyak dibandingkan dengan kompetensi pada dimensi kompetensi lainya. Tingkat kemampuan kepala sekolah dalam mengarahkan, memberdayakan, menggerakkan, dan mengembangakan sumber daya sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangat bergantung kepada kompetensi manajerial seorang kepala sekolah.

Dalam pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) disamping mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan fungsional, kepala sekolah dapat mengikuti kegiatan kolektif kepala sekolah. Salah satu bentuk kegiatan kolektif kepala sekolah diantaranya adalah kegiatan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), dimana setiap mengikuti kegiatan KKKS kepala sekolah akan dihargai dengan angka kredit 0,15 dengan syarat ada surat tugas, surat keterangan mengikuti kegiatan KKKS dan laporan kegiatan.

Berdasarkan hal di atas KKKS Kecamatan. Kamang Baru membuat program Kegiatan Peningkatan Keprofesionalan berkelanjutan Kepala Sekolah. Tujuannya adalah untuk memotivasi dan mendorong PTK untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermamfaat bagi pengembangan dan peningkatan karirnya.

Melalui kegiatan KKKS Kecamatan Kamang Baru Peningkatan Profesional Berkelanjutan Kepala Sekolah Kecamatan Kamang Baru mampu meningkatkan karirnya baik dalam tupoksinya (manajerial dan supervisi, serta kewirausahaan) maupun kemampuan dalam Publikasi Ilmiah menuju kepala Sekolah yang profesional.

 

B.       Tujuan

Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru  bertujuan untuk Pengembangan Keprofesionalan penulis bersama teman-teman kepala Sekolah Sekecamatan Kamang Baru dalam peningkatan kopentensi dalam:

1.      

PKG dan PK kepala Sekolah

2.      

Penyusunan SKP

3.      

Penyusunan RKJM

4.      

Penyusunan RKAS BOS

5.      

Sosialisasi SPMI (sistem penjaminan Mutu Internal)

6.      

Penyusunan KTSP

7.      

Penilaian Kurikulum 2013

8.      

Aplikasi raport Kurikulum 2013

C.       Manfaat

Sedangkan manfaat yang didapat dari kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru ini adalah;

a.       Dapat mengimplementasikan PKG dan PK kepala Sekolah

b.       Dapat menyusun SKP

c.        Dapat Penyusunan RKJM

d.       Dapat menyusun RKAS BOS tahun 2019

e.       Perencanaan dan Penyusunan KTSP 2019 dengan baik

f.        Aplikasi Raport Kurikulum 2013

 

D.    Rumusan Masalah

Apakah kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru dapat meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah?

 

E.     Dasar Hukum

1.     Undang-undang 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

2.     Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

3.     Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;

4.     Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

5.     Peraturan Bersama Menteri  Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

6.     Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksana Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

7.     Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung Nomor 13  Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2017;

8.     Peraturan Daerah Sijunjung Nomor 14 Tahun 2017 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Tahun Anggaran 2018;

9.     Peraturan Bupati Sijunjung Nomor 52 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

A.    Nama Kegiatan

Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui kegiatan KKKS di Kec. Kamang Baru.

B.     Waktu dan TempatPelaksanaan

 Sesuai keputusan rapat pengurus KKKS tanggal 26 Januari 2018, pelaksanaan diadakan di SDN 37 Kunangan Parik Rantang, yang mana tempat tersebut mudah dijangkau dan memiliki ruangan untuk pertemuan yang dapat menampung peserta karena anggota KKKS berjumlah 41 orang beserta narasumber dan pengawas sekolah.

C.     Struktur Program

Tabel 2.1

Struktur Program KKKS Kec. Kamang Baru

Tahun 2018

NO

Materi

Jam @50/JP

Narasumber

1

Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

2 JP

Kepala Dinas

2

Implementasi PKG dan PK kepala Sekolah

2 JP

Dariman, S.Pd

3

Penyusunan SKP

4 JP

M. Nasir, S.Pd

4

Penyusunan RKJM

4 JP

Darus Nazar, S.Pd

5

Penyusunan RKAS BOS

4 JP

Desmarizal, S.Pd

6

Sosialisasi SPMI (sistem penjaminan Mutu Internal)

4 JP

Dariman, S.Pd

7

Penyusunan KTSP

4 JP

Candra Warman, M.Pd

8

Penilaian Kurikulum 2013

4 JP

Jamaris, S.Pd

9

Aplikasi raport Kurikulum 2013

4 JP

Jamaris, S.Pd

                    TOTAL

32 JP

 

Keterangan: *) 32JP @ 50 menit

D.    Peserta

Peserta Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah kec. Kamang Baru diikuti oleh 41 orang Kepala Sekolah dengan rincian daftar nama sebagai berikut :

 

Tabel 2.2

Daftar Nama peserta KKKS Kec. Kamang Baru

 Tahun 2018

 

No

NAMA

NIP

Tempat Tugas

1

Ernawita, S.Pd             

196212211986032005

SDN 1 SUNGAI LANSEK

2

Jamaris, S.Pd

197003041992101001

SDN 2 KAMANG

3

Nur Aini, S.Pd

196603031990112001

SDN 3 AIR AMO

4

Hefidah HS, S.Pd.I

196311201984032005

SDN 4 MUARO TAKUNG

5

Maria Ulfa, S.Pd

198601152010012017

SDN 5 SIAUR

6

Sri Fitri Narti, S.Pd

197904052005012010

SDN 6 SUNGAI BETUNG

7

Anasrul, S.Pd

196904041999031007

SDN 7 AIR AMO

8

Arwin Rasyid, S.Pd

196012101993121001

SDN 8 SUNGAI BETUNG

9

Evariani, S.Pd

196607231993032002

SDN 9 KUNPAR

10

Asril, S.Pd

196907202007011030

SDN 10 KUNPAR

11

Endang Widyarti, S.Pd

197105031996032004

SDN 11 KUNPAR

12

Sutar wendi, S.Pd

197101181999121001

SDN 12 SUNGAI LANSEK

13

Doris Erdimanto, S.Pd

198709122010011008

SDN 13 SUNGAI BETUNG

14

Aprizal, S.Pd

196008171982071001

SDN 14 KAMANG

15

Gusmiati, S.Pd

196608131995032001

SDN 15 MUARO TAKUNG

16

Agustus, S.Pd

196908171994031011

SDN 16 KUNPAR

17

Haryadi, S.Pd

197001091991011002

SDN 17 AIR AMO

18

Hafidz Rezi, S.Pd

198707162010011008

SDN 18 AIR AMO

19

Sukirman, S.Pd

197004051993111001

SDN 19 AIR AMO

20

Razef Zulkarnain, S.Pd

198605092009021001

SDN 20 AIR AMO

21

Afrizal, S.Pd

196604061994031003

SDN 21 AIR AMO

22

Erniwati, S.Pd

196505071987082001

SDN 22 SUNGAI LANSEK

23

Mrihadi, S.Pd

196506071989081003

SDN 23 KAMANG

24

Ali Arman, S.Pd

196810282000122001

SDN 24 KUNPAR

25

Yulias Metri, S.Pd

197207051996032002

SDN 25 MUARO TAKUNG

26

Zurni, S.Pd

197202022003122005

SDN 26 KUNPAR

27

Wandi Asmadi, S.Pd

196806201997101001

SDN 27 KAMANG

28

Nutijar, S.Pd

1964081019994032007

SDN 28 SUNGAI LANSEK

29

Candra Warman, S.Pd

196712122005011005

SDN 29 KAMANG

30

Sunardi, S.Pd

196810052005011005

SDN 30 SUNGAI LANSEK

31

Nurhayati, S.Pd

196902161999122001

SDN 31 KAMANG

32

Debi Andam Suri, S.Pd

198307222009022005

SDN 32 AIR AMO

33

Suyati, S.Pd

197203161997102001

SDN 33 KAMANG

34

Heni Lasfino, S.Pd

197508021999122001

SDN 34 KAMANG

35

Suharto, S.Pd

196802132006041004

SDN 35 KAMANG

36

Efendi, S.Pd

196705031999121001

SDN 36 AIR AMO

37

Desmarizal, S.Pd

197009291994031006

SDN 37 KUNPAR

38

Salwati, S.Pd

197207152000122001

SDN 38 KUNPAR

39

Romadhanis, S.Pd

197505241999122001

SDN 39 KAMANG

40

Deswal Fatwa, S.Pd

197112131997101001

SDN 40 MUARO TAKUNG

41

Ritna Ayulisa, S.Pd.I

-

SDIT Salam Cendekia

E.     Narasumber

Narasumber Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah adalah narasumber orang orang yang berkompenten dibidangnya dan narasumber Kabupaten Sijunjung dengan rincian sebagai berikut :

 

 

 

 

Tabel 2.3

Daftar Nama Narasumber KKKS Kec. Kamang Baru

Tahun 2018

NO

Nama Narasumber

Unit Kerja

Jabatan

1.      

Kepala Dinas

Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung

Kepala Dinas

2.      

Dariman, S.Pd

Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung

Pengawas SD

3.      

Darius Nazar, S.Pd

Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung

Pengawas SD

4.      

Desmarizal, S.Pd

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Kepala Sekolah

5.      

M. Nasir, S.Pd

Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung

Pengawas SD

6.      

Candra Warman, M.Pd

SDN 29 Kamang

Kepala Sekolah

7.      

Jamaris, S.Pd

SDN 2 Kamang

Kepala Sekolah

 

 


F.     Time Schedule Kegiatan 

Tabel 2.4

Time Schedule Kegiatan KKKS Kec. Kamang Baru

Tahun 2018

Pert Ke-

Hari/Tanggal

Tempat

Uraian Materi

Tujuan

Narasumber

Waktu

(JP)

1

Kamis, 1 Februari  2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Implementasi PKG dan PK kepala Sekolah

Kepala Sekolah termotivasi untuk meningkatkan kompetensinya sebagai kepal sekolah

Kepala sekolah dapat membuat dan melaksanakan PKG dan PK kepala Sekolah di satuan kerja masing-masing

ü Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sijunjung

ü Dariman, S.Pd

2 JP

 

 

 

2

Selasa, 6 Maret 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Penyusunan SKP

Kepala Sekolah dapat menyusun SKP di satuan kerja masing-masing

ü M. Nasir, S.Pd

4 JP

3

Rabu, 4 April 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Penyusunan RKJM

Kepala Sekolah dapat menyusun RKJM di satuan kerja masing-masing

ü Darius Nazar, S.Pd

4 JP

4

Rabu, 18 April 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Penyusunan RKAS BOS

Kepala Sekolah dapat menyusun RKAS BOS tahun 2018

ü Desmarizal, S.Pd

4 JP

5

Jumat, 27 April 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Sosialisasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal)

Meningkatkan pemahaman Kepala Sekolah tentang SPMI

ü Dariman, S.Pd

4 JP

6

Selasa, 10 Juli 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Bimtek Penusunan KTSP

Kepala Sekolah dapat membuat KTSP dengan baik

ü Candra Warman, M.Pd

4 JP

7

Selasa, 7Agustus 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Penilaian K2013

Meningkatkan pemahaman Kepala Sekolah tentang penialain Pada K2013

ü Jamaris, S.Pd

4 JP

8

Kamis, 13 September 2018

SDN 37 Kunangan Parik Rantang

Aplikasi raport K2013

Kepala Sekolah dan Guru dalam Membuat Raport K2013 menggunakan Aplikasi Raport

ü Jamaris, S.Pd

4 JP


G.    KEPENGURUSAN

Susunan Kepengurusan  Kegiatan Bantuan Dana Operasional Kegiatan untuk Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja kepala Sekolah Kec. Kamang Baru berjumlah 6 orang . Nama-nama kepengurusan sebagai berikut : 

Tabel 2.2

Daftar Nama Pengurus KKKS Kec. Kamang Baru

Tahun 2019

NO

Nama

Jabatan Kepengurusan

Asal Sekolah

1

Desmarizal, S.Pd

Ketua

SDN 37 Kunpar

2

Candra Warman, M.Pd

Sekretaris

SDN 29 Kamang

3

Salwati, S.Pd

Bendahara

SDN 38 Kunpar

4

Heni Lasfino, S.Pd

Seksi Perencanaan

SDN 34 Kamang

5

Deswal Fatwa, S.Pd

Seksi Sarpras

SDN 40 M Takung

6

Razef Zulkarnain, S.Pd

Seksi Humas dan Kerjasama

SDN 20 Air Amo

                                                        

 

                                                          

 

 

 

 

 

BAB III

HASIL PELAKSANAAN  DAN EVALUASI

A      Hasil Pelaksanaan

Hasil dari Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru, Hasil selama Pelaksanaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kec. Kamang Baru terdiri dari :

1.     PKG dan PK kepala Sekolah

2.     SKP

3.     RKJM

4.     RKAS BOS

5.     KTSP

6.     Raport Kurikulum 2013

 

B       EVALUASI PELATIHAN

Hasil pengolahan evaluasi terhadap peserta dapat di jabarkan sebagai berikut :

1.     Kehadiran peserta sampai dengan akhir pertemuan 100 % dari 41 yang diundang

2.     Sikap :

a.     Kerjasama diperoleh dengan predikat B (baik)

b.     Disiplin diperoleh dengan predikat B (baik)

c.      Tanggung Jawab diperoleh dengan predikat B (baik)

d.     Keaktifan diperoleh dengan predikat B (baik)

 

C       Sumber Dana

Sumber dana Pelaksanaan Kegiatan untuk Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kec. Kamang Baru berasal dari iruan secara mandiri anggota KKKS Kec. Kamang Baru.

 

 

 

 

D      Penggunaan Dana

Tabel 3.1

Rincian  Penggunana Dana KKKS Kec. Kamang Baru

Kecamatan Sijunjung Tahun 2018

 

No

Uraian

Rincian

Harga satuan

Jumlah

1.

Makan minum

8 pert x 45 org

Rp.18.000,-

Rp. 6.480.000,-

2.

Snack

8 pert x 45 org

Rp.5.000,-

Rp.1.800.000,-

3.

ATK

8 pert x 41 org

Rp.5.000,-

Rp.1.640.000,-

Total biaya

Rp.9.920.000,-

 

E. SERTIFIKAT PELATIHAN

 

Seluruh anggota  yang mengikuti kegiatan KKKS  akan memperoleh sertifikat pelatihan yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan syarat jumlah kehadiran ≥ 80%.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan

Kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan Melalui Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kec. Kamang Baru dapat meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah dalam bidang Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Implementasi PKG dan PK kepala Sekolah, Penyusunan SKP, Penyusunan RKJM, Penyusunan RKAS BOS, Sosialisasi SPMI, Bimtek Penyusunan KTSP, Penilaian Kurikulum 2013, dan Aplikasi raport Kurikulum 2013.

  

B.     Saran

Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung melalui Bidang SD  diharapkan lebih memberikan motivasi baik secara moril maupun materil dalam bentuk fasilitas bantuan Dana Operasional Kegiatan (DOK) Kepada KKKS Kec. Kamang Baru pada tahun 2019 dan atau hal lain yang serupa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pancasila

PANDUAN PENYUSUNAN KURIKULUM KAB SIJUNJUNG 2017